Seringkah kamu bingung sendiri saat membedakan apakah ini Earphone, Headset, Headphone, Handsfree ? Pada dasarnya mereka ini punya fungsi yang sama, yaitu menghantarkan suara ke telinga kita. Yang membuat beda adalah bentuk dan fungsinya masing-masing.

Headphone

Berbentuk seperti bando dengan 2 speaker, satu di kiri dan satu di kanan. Headphone sudah ada sejak tahun 1900-an dan merupakan awal dari perangkat audio portable. Headphone hanya dapat digunakan untuk mendengarkan suara, dan tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi karena tidak terdapat mikrofon di dalamnya.

Headset

Memiliki bentuk dan kualitas suara yang sama dengan Headphone, bedanya adalah Headset dilengkapi dengan mikrofon di salah satu bagian speakernya sehingga dapat digunakan untuk keperluan berkomunikasi. Headset merupakan pengembangan dari Headphone dan fungsi mikrofon ini sangat ideal untuk menunjang komunikasi telepon atau video call serta berguna juga saat berinteraksi dengan pemain lain saat bermain game.
Headset mempunyai 2 Jack yaitu untuk Speaker dan Mikrofon.

Earphone

Earphone adalah Headset versi kecil, dengan bentuk yang kecil dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, tetapi kualitas suaranya tentu tidak sebagus Headset.

Handsfree

Handsfree merupakan Earphone yang dilengkapi dengan beberapa tombol sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa aksi tanpa harus melihat ke arah Handphone, Funsgi tombol headset seperti Play, Pause, Next, Previous pada aplikasi lagu. Beberapa headset dilengkapi tombol untuk mengatur volume, dapat juga digunakan untuk menerima, memutuskan atau menolak panggilan telepon.


Nah sekarang sudah tau bedanya kan ? Jangan sampai tertukar lagi ya !
Dari segi praktis dan mudahnya digunakan, tetapi jangan sampai menggunakannya sampai ketergantungan, karena dampaknya yang kurang baik bagi gendang telinga mulai dari gangguan pendengaran hingga menurunkan kemampuan pendengaran.

Volume yang tinggi dan masuk ke telinga secara terus-menerus dapat membuat gendang telinga rusak. Penurunan kemampuan pendengaran ini sangat sulit dideteksi, jadi gunakan secara bijak ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here