google-mobile-friendly

Awal tahun ini Google mengatakan melakukan perubahan terhadap algoritma pencarian yang akan memberikan faktor lebih pada website yang ‘mobile friendly’ dan memberikan ranking terhadap website tersebut. Metode algoritma ini sudah mulai diberlakukan kemarin tanggal 21 / 22 April 2015.

Perubahan ini berdampak pada hasil pencarian yang dimunculkan di mesin pencari Google. Website yang tidak mobile friendly akan berada di urutan paling bawah, dan yang dapat diakses dengan baik melalui ponsel akan lebih diutamakan urutannya.

Untuk dapat disebut sebagai website yang mobile friendly, Tulisan harus dapat mudah dibaca tanpa perlu pengguna melakukan zoom terlebih dahulu.

Google juga mengklarifikasi bahwa hasil pencarian yang terdampak adalah hasil pencarian dari ponsel atau smartphone. Hasil pencarian menggunakan tablet dan komputer tidak akan terdampak.

Saat ini porsi pengakses website menggunakan smartphone sudah mencapai 45% jika anda mempunyai website, pastikan sudah ‘mobile friendly’ agar tidak mengalami penurunan pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here