Di luar negeri seperti amerika, diabetes merupakan sebuah epidemic. Berdasarkan data asosiasi diabetes, 25,8 juta orang di amerika mengalami diabetes, dan 79 juta orang mengalami pre-diabetes.

Diabetes tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya, karena itu kita seharusnya menjaga diri dengan tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis secara berlebihan.

Diabetes dapat menimbulkan penyakit komplikasi seperti serangan jantung, gagal ginjal, kerusakan saraf, gangguan pendengaran dan juga meningkatkan resiko terkena alzheimer.

Diet sehat sangat diperlukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan mengatur makanan yang boleh dan tidak boleh masuk kedalam perut. Beberapa makanan sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah, diantaranya :

Cinnamon / Kayu manis

Meskipun namanya manis, tapi mengkonsumsi ini sebanyak enam gram dapat menurunkan kadar gula hingga 29%
Cinnamon mengandung bahan MHCP yang berfungsi untuk memperbarui sel lemak dan merespon insulin serta menurunkan glukosa.

Cuka

Peneliti di Arizona menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 sendok cuka apel sebelum makan, mampu menurunkan kadar gula penderita pre-diabetes hingga 50% dan 25% untuk diabetes.

Buah Delima

Merupakan buah yang sangat populer di timur tengah dan india serta saat ini merambah ke amerika dan asia.

Buah delima mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti melindungi tubuh dari radang sendi dan kanker prostat. Kandungan gula dalam delima tidak meningkatkan kadar gula darah.

Kacang Almond

Hasil penelitian mengungkapkan kacang almond meningkatkan kadar insulin dan menurunkan kolesterol. mengkonsumsi 50 gram kacang almond setiap hari dapat menurunkan resiko terkena diabetes.

Bawang Putih

Sudah sejak lama digunakan baik sebagai masakan atau campuran obat. Bawang putih meningkatkan produksi insulin dalam darah sehingga mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Teh Hijau

Teh hijau membantu mengatur kadar gula dalam darah serta mengandung anti oksidan yang baik untuk tubuh, tapi minum teh tidak perlu pakai gula ya.

Labu

Kandungan dalam labu membantu meregenerasi sel pankreas dan meningkatkan produksi insulin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here