kaviar

Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan, umumnya ikan sturgeon, Panjang ikan ini bisa sampai 3 meter dan beratnya 1 ton. Harga telur ikan ini tidak murah, bisa mencapai ratusan juta per kilonya.

Kaviar sudah dikonsumsi sejak 250 tahun yang lalu, umumnya dikonsumsi oleh para bangsawan. saat ini, kaviar masih dipasarkan sebagai makanan yang mewah dan disajikan sebagai makanan pelengkap.

Ikan sturgeon ini hanya ditemukan di laut kaspia, dan jumlah ikan ini semakin langka itu sebabnya harga kaviar ini mahal. saat musim bertelur, ikan akan beramai ramai menuju hulu sungai dan sekali bertelur dapat menghasilkan telur sebanyak 80 kilogram.

Proses untuk mendapatkan telur yang berkualitas, cita rasa, ukuran dan kekenyalan yang pas sangat susah, karena itu kaviar hanya tersedia di restoran mewah saja.

Dua istilah untuk membedakan kaviar, yaitu malassol merupakan sebutan untuk kaviar dengan kandungan garam 5% dan payusnaya untuk kaviar dengan kandungan garam 10%

Cara mengkonsumsi kaviar bermacam-macam, dapat dimasak atau langsung di konsumsi dalam kondisi segar. Di eropa, kaviar biasanya disantap dengan roti lapis dengan tambahan sedikit cream.

Untuk menghadirkan kaviar dengan cita rasa dan kualitas yang baik, memasak kaviar tidak dengan alat berbahan stainless steel atau perak, melainkan harus dengan alat masak berbahan kayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here