Hidup sehat itu penting, dan kadangkala untuk hidup sehat kita juga harus membeli barang yang baru, seperti Pakaian, perlengkapan olahraga, kebutuhan harian, bahkan sayuran.
Tapi banyak yang tidak sadar bahwa untuk hidup sehat diperlukan juga lingkungan yang sehat, yuk cek sekitar rumahmu apa ada barang-barang yang perlu dibuang ?

1. Kotak penyimpanan berbahan plastik


Cek kotak penyimpanan berbahan plastik yang ada di rumahmu, buanglah segera yang terdapat tulisan PC (Polycarbonate) karena plastik dengan bahan ini mengandung Bisphenol A, yaitu bahan berbahaya yang mengeluarkan racun jika terkena panas.

2. Pengharum Ruangan


Bahan pengharum ruangan yang membuat bau menjadi tahan lama adalah ‘Phthalate” dalam beberapa tahun terakhir produsen pengharum ruangan mulai mengurangi penggunaan bahan ini karena limbahnya berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan, serta mempengaruhi kondisi kesuburan reproduksi pada manusia dan mamalia.
Sebaiknya gunakan pengharum ruangan yang berbahan natural.

3. Sabun Anti-Bakterial


Sabun anti bakterial tidak membunuh bakteri lebih banyak daripada sabun biasa, dan pada tahun 2014 FDA mengeluarkan peringatan bahwa justru tidak aman menggunakan sabun jenis anti-bakterial untuk jangka panjang.
Bahan aktif dalam sabun yang dinamakan triclosan dapat merusak hormon pada manusia dan menjadikan kalian lebih kebal terhadap antibiotik dalam jangka panjangnya. Untuk itu sebaiknya gunakan sabun yang biasa saja, karena sama-sama efektifnya.

4. Soft Drink Diet

Stock picture of a can of Diet Coke, August 6h 2007.
Credit: Susannah Ireland / The Times

Sering minum diet coke dan ada stok di lemari es mu ?
Nature Magazine pernah menjelaskan hasil riset yang menunjukkan bahwa pemanis buatan seperti sukrosa, aspartam dan sakarin justru menyebabkan perubahan pada bakteri baik yang hidup di dalam tubuh kita, serta dapat mengganggu kinerja metabolisme tubuh. Soda jenis diet malah menurunkan kinerja tubuh kita dalam mencerna glukosa, efek samping ini juga meningkatkan resiko terkena diabetes.

5. Sneakers Jadul


Sepatu olahraga sebaiknya diganti setiap 500-600 km jarak terpakai. Untuk pelari dengan rata rata 50km seminggu, artinya setiap kurang lebih 3 bulan kalian harus ganti sepatu yang baru. Sepatu yang sudah dipakai berlari dalam jangka waktu yang lama akan berkurang kemampuannya untuk menyerap tekanan yang terjadi saat berlari, jika tidak segera diganti maka dapat menyebabkan cedera pada kaki kamu.

6. Sikat Gigi


Jika kami menyikat gigi dua kali sehari seperti saran dokter, maka sikat gigi kamu pasti cepat sekali rusak, rata-rata diperlukan 2 bulan, dan para ahli juga menyarankan paling lama gantilah sikat gigimu tiga bulan sekali. Sikat gigi yang sudah tidak bagus lagi akan berkurang efektivitasnya dalam membersihkan gigimu.

7. Make Up berbahan cair


Semua make up berbahan cair, termasuk maskara dapat menjadi tempat hidupnya bakteri, Sangat disarankan untuk segera membuang make up berbahan cair setelah tiga bulan semenjak digunakan pertama kali. Dengan menggunakan barang lama, wajah kamu dapat terekspos oleh bakteri dan dapat menimbulkan infeksi.

8. Lensa Kontak

Contact lens on finger

Penyebab utama dari infeksi mata adalah menggunakan lensa kontak yang tidak bersih. Ganti lensa kontak setiap 3 bulan sekali meskipun pabrik menuliskan dapat bertahan hingga 6 bulan. Gantilah cairan lensa kontak secara harian agar tidak tumbuh jamur dan bakteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here