browsing

1. Hindari menggunakan komputer publik.

Saat anda menggunakan komputer publik seperti di hotel atau di perpustakaan, jangan pernah melakukan Log-in ke internet banking atau akun-akun penting seperti social media.

2. Gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan.

Kebanyakan orang pasti menggunakan password yang sama untuk setiap layanan misalnya password anda untuk faceboook, sama dengan password anda untuk email yahoo. Jangan lakukan hal ini, mulai sekarang gunakan password yang berbeda. Jika kesulitan menghapal banyak password, gunakan aplikasi password manager yang banyak tersedia untuk smartphone anda.

3. Gunakan Fitur Otentifikasi Dua-Faktor jika memungkinkan.

Otentifikasi Dua Faktor atau Two Factor Authentication mampu memberikan perlindungan keamanan secara dobel untuk akun anda. Setiap anda masuk ke akun pribadi, selalu akan diminta password kedua yang dimunculkan secara acak melalui aplikasi tambahan.

4. Berpikirlah sebelum anda menambahkan aplikasi atau plug-in pada komputer dan browser anda.

Banyak aplikasi palsu yang dapat mencuri identitas dan data pribadi anda secara diam diam, pastikan aplikasi yang akan anda tambahkan sudah benar-benar resmi dan bersih dari virus.

5. Selalu gunakan Browser / peramban yang terbaru.

Browser / peramban versi lama mempunyai banyak celah keamanan yang dapat mencuri identitas pribadi anda, termasuk password bank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here