Semua makhluk hidup membutuhkan otak untuk hidup kan? belum tentu! Beberapa hewan ini tidak memiliki otak, namun mereka berhasil bertahan dengan baik. Alih-alih memiliki otak, beberapa hewan menggunakan kelompok sel-sel saraf yang dikenal sebagai ganglia untuk membantu mengarahkan gerakan di tubuh mereka. Namun, luar biasa, sebagian besar hewan di daftar ini bahkan tidak memiliki ganglia untuk membantu mereka.

Bintang Laut

Meskipun mereka tidak memiliki otak atau ganglia, bintang laut memiliki indra penglihatan, penciuman, dan sentuhan. Setiap lengan mereka dapat merasakan dunia di sekitarnya. Ketika salah satu lengannya berbau sesuatu yang enak dimakan, makan akan memberikan kekuatan ke tangan yang lain dan mulai menarik seluruh makhluk itu menuju sumber makanan.

Teripang (Sea Cucumber)

Teripang tidak memiliki sistem saraf, tetapi mereka memiliki mekanisme pertahanan yang cerdik. Ketika mereka diserang, teripang dapat mengejutkan penyerang mereka dengan tiba-tiba mengeluarkan isi perut dan organ dalam mereka. Atau mereka dapat mengeluarkan tabung lengket yang panjang dari anus mereka untuk menjerat dan mengusir predator.

Ubur Ubur (Jellyfish)

Seperti yang Anda lihat, ubur-ubur tidak memiliki banyak ruang untuk organ dalam. Alih-alih otak, ubur-ubur hanya memiliki sesuatu yang dikenal sebagai jaringan syaraf – sebuah sistem sel saraf terjalin di seluruh tubuh makhluk itu untuk menggerakkan anggota tubuhnya.

Sea Sponge

Tidak hanya mereka tidak memiliki otak, tetapi spons laut bahkan tidak memiliki sistem pencernaan, saraf, atau peredaran darah. Sebaliknya, mereka memiliki sekelompok sel yang bergerak di sekitar tubuh mereka berubah menjadi jenis sel apa pun yang diperlukan pada saat itu. Meskipun mereka tidak memiliki organ dalam, spons masih bisa bersin! Ketika iritasi terdeteksi, spons akan menghirup air dan kemudian mengontrak tubuhnya dan mengeluarkan iritasi. Bersin ini bisa bertahan hingga satu jam.

Sea Lily

Mereka mungkin lebih mirip pakis dalam air, tetapi sebenarnya mereka adalah binatang. Lili laut berakar ke dasar samudera dan mengumpulkan makanan mereka menggunakan lengan berbulu mereka, yang tampaknya tidak membutuhkan pemikiran sama sekali. Mereka terlihat halus, tetapi mereka sebenarnya cukup tangguh untuk bertahan dari tekanan air hingga 20.000 kaki di bawah permukaan.

Bulu Babi (Sea Urchin)

Bulu babi merayap di dasar laut mencari makanan. Mereka tidak perlu khawatir tentang pertahanan diri, berkat duri tajam yang menutupi tubuh mereka.

Karang (Coral)

Karang ada bermacam warna dan bertekstur, Stiap karang individu kecil yang mati meninggalkan cangkang berwarna-warni di belakangnya, melekat pada tetangganya. Karang, meskipun terlihat rapuh, sebenarnya adalah prajurit kecil yang ganas. Ketika pemangsa membayang, polip kecil itu mengirimkan tentakel mereka untuk menyengat dan meracuni musuhnya.

Anemon Laut (Sea Anemone)

Tidak adanya sistem saraf pusat, anemon laut hanya memiliki jaringan saraf yang membuatnya tetap waspada terhadap makanan. Anemon menangkap yang lewat dengan tentakel berbisa, melumpuhkan dan kemudian memakan mangsanya. Setelah makan, anemon memuntahkan sampah kembali ke lubang yang sama, karena ruang pencernaannya hanya memiliki satu pintu, berfungsi baik sebagai mulut dan anus.

Sea Squirts

Sea squirts yang baru lahir memiliki otak, tetapi kehilangannya ketika tumbuh. Seekor bayi tampak seperti kecebong dan memiliki otak kecil dan satu mata, tetapi tidak ada cara untuk makan. Hewan ini berenang ke dasar laut di mana kemudian ia menempel dengan sendirinya dan kemudian tumbuh menjadi dewasa, menyerap mata, ekor, dan otak yang digunakan lagi dalam proses hidupnya.

Portuguese Man-O-War

Kadang-kadang disebut botol biru (Blue Bottle) karena kantung tembus pandang yang mengapung di permukaan air, makhluk ini sebenarnya terdiri atas sebuah koloni polip yang bersatu dan membentuk Portuguese Man-o-War. Makhluk-makhluk yang membentuk Man-o-War masing-masing berspesialisasi dalam satu segi kelangsungan hidup, seperti makan, bertahan, atau reproduksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here